Selasa, 18 Juni 2013

U C 1000 Fresh Outside, Broken Inside

Mata Kuliah KWN atau Kewarganegaraan 
Memang Fenomenal.


Aku mendengar cerita tentang dosennya, saat awal jumpa beliau dengan kelas kami.
Waktu itu aku izin kelasnya karena suatu hal.

 "Jago grafologi, loh!" kata salah satu teman yang di "baca" tandatangannya.
"Namanya Aidil Fitri Mohammad Hatta."

Hmm.. so intriguing! 
Kala itu aku sedang dilanda "demam grafologi" gegara Kick Andy. 
Dan aku sempat meminta (baca: memaksa) segenap sanak keluarga untuk menyumbangkan tandatangan dan tulisan sebaitnya di sehelai kertas.

Kemudian bermodal sotoy in dehoy dari internet, aku tafsirkan sifat mereka berdasarkan kemiringan, kerapatan, bentuk, letak titik, dan konsistensi-nya.

Dan yang biasanya aku mojok di sudut "Novel dan Motivasi" di Gramedia, kali ini aku langsung memburu buku Grafologi.
Yeah, temporer passion :D 

*****

Oke, tadi Pak Aidil ya, 

Di pertemuan kedua, aku semangat sekali masuk kelasnya.
FYI: Aku ini bisa dibilang generasi penerus yang ehmmm wawasan nusantaranya minus plus plus (minusnya kebangetan)
Jadi nafasku biasanya memberat kalau aku berkontak dengan yang namanya koran, liputan 6 petang, pelajaran sejarah atau PPKN jaman sekolah.

Apalah namanya. Tapi kupikir aku alergi dengan hal-hal yang berbau politik dan negara.

Ya, tadi pak Aidil yaa! (remind our first topic)

"Pak, dari dulu saya ga suka politik pak.. Ini saya agak-agak ga nyambung deh Pak kalo ngikutin pelajaran Bapak.." 
Kalo diingat-ingat aku dulu pernah curhat begini, kok rasanya gak banget ya..
Dengan absurd dan semangat juangnya Pak Aidil menanggapi curhatan muridnya yang gembelengan ini.

Intinya, sebagai seorang dokter, aku harus peduli dengan kondisi negara. Ini penting untuk tau distribusi penyakit, penanganan pasien dari berbagai daerah , penempatan kerja dan masih banyak lagi. Dokter itu multidisipliner

"Ikuti saja, disini materi character building. Akan ada diskusi dan kamu harus berani berpendapat."

Gak lupa kusodorkan tandatanganku untuk diterawangnya.
Hemmh tapi menurut beliau, tandatanganku agak suram *kyaa *dulu niru temen sih *berarti temen ane yang surem yak? AHAHA gamau terima nasib.
Eh ngga lah, naudzubillah. Inshaa Allah cerah, laah. Aamiin.

Itu sekelumit petuah yang bisa aku simpulkan dari perbincangan yang menyisakan aku, beliau dan 1 teman di ruangan kelas. Sang kuncen kelas sudah meng-krincing-krincingkan kunci sebagai kode kelasnya mau dikunci.

"Pak, Bapak mau turun di lantai berapa?" ujar temanku yang berniat memencetkan tombol lift.
"Saya berapa saja. Dimana saja saya bisa turun. Saya tidak punya lantai khusus."
Saya dan teman saling berpandangan.
Dengan question mark yang di bold dan di kasi size 72

Absurd total!!

Ohya, sebagai pemanis cerita saya akan beritahu tanggal lahir Pak Aidil--> 
17 - 8 - 1947
2 tahun setelah proklamasi.
Hari raya Idul Fitri juga bertepatan pada hari itu.

Dan buat yang penasaran dan ingin berdiskusi soal harga BBM naik, misalnya, bisa hubungi nomer ini:
0817 178 47*
(sensor dikit ah, takut durhaka)

Beliau nemu dimanaaa nomer itu? Bisa cantik gitu. Yang pasti gak beli di counter pulsa belakang kampus..

Baiklah, Pak Aidil.. Pak Aidil... Pak Aidil.. 
You drive me crazeeeh *mba mba, istigfar mba..

Kalian akan menemukan status atau update-an yang telak dan mengiris hati H-1 menjelang kelas atau ujiannya.

"Kenapa tiap mau UAS KWN selalu hujan lebat?" (FYI: dulu sempet momentnya pas banjir)
"Ya Allah.. kenapa harus ada KWN di dunia ini..."
"Yey kuliah cuma jam 7, langsung pulang, Bye-bye KWN" 

Dan masih banyak yang lebih mak enjleeb

Tapi ada sih, kubu yang pro:

"Disuruh kelas KWN aja pada mager, gimana kalo disuruh WAMIL?" -mapres

STANDING APPLAUSE buat Pak Mapres kita.

KWN ini ada 5 penilaian:
Kuis, UTS, UAS, performa dan ABSEN
Bobot terbesar ada di performa, diikuti absen

Sayangnya, di sektor absen, kita-kita sering ..*yeah everybody knows!

Liat aja deh, tiap kuliah, kelas kerasa lengaaang banget kayak pulau antah berantah.
Kalo ngomong suaranya sampe menggaung kayak di hutan (kok jayus sih Li?)
Belum lagi kelas mulai jam 1, kita-kita lenggang kangkung masuk kelas 30 menit kemudian.
Beliau selalu on time padahal.
Terkadang kita harus di-jarkom dulu sama ketua kelas, biar kita tau betapa nelangsanya Pak Aidil nungguin kita di ruang kelas hanya dengan 1 anak. Bahkan pernah seorang diri.
*backsound reality show Tolong! dan Bedah Rumah

Sering, aku datang dan duduk di belakangnya persis karna aku ingin beliau tau, kalo masih ada yang antusias dengerin kuliahnya.
Setengah tahun belakangan ini, rasa nelangsa itu berbaur dengan rasa "kerinduan" pada sosok ayah yang seraut wajahnya mirip dengan Pak Aidil.

Pernah beliau menengok ke belakang (ke aku) dan cerita..
"Ada 3 lelaki yang selalu salaman dengan mencium tangan saya."
Siapakah itu Pak??
"Anak saya, mantu saya, dan ketua kelas kamu itu.."
Oooooh kamu harus terharu, Arif! (Arif si ketua kelas)

Trus cerita lagi.. masih tentang salaman.
"Saya pernah bersalaman dengan Pak SBY"
Gimana critanya tuh, Pak??
"Jadi saya lagi sholat Jum'at di Istiqlal. Di barisan agak depan.. Selesai sholat, Pak SBY berdiri dan menyalami 3 orang. Khatibnya, orang sebelahnya, dan saya. Saya tidak berusaha mendekati beliau, padahal."
Saya turut berbahagia, Bapaaak <3

*****

Beliau ga pernah reschedule kelas.
Beliau tetap ngajar, walaupun suara beliau nyaris habis. Dan beliau ngajarnya sambil sangu "U C 1000" fresh outside, broken inside #eeh
Sekalinya absen, karna umroh.
Dan kita kegirangan.
Coba dipikir, manungsa macem apa kita... -hening-

Sampe akhirnya beliau punya taktik --> ngasih daftar absen ke satu orang, dan orang itu dikasi amanat untuk ngabsenin yang masuk
Aku pernah sekali diamanati beliau.
Dan entah karna unsur "Simpati pada 1st impression" atau hati nurani berbicara, aku jalankan mandat itu selurus mungkin.

Tampang-tampang melengos dari 1 teman yang mewakili 7 badan itu pun tak dapat dihindari.
Bbm-bbm yang bernada manis awalnya dan di penghujungnya sudah bisa ditebak-> Tolong absenin ya :)) cuma aku read.

Sampe pas mau UAS, syarat absen harus terpenuhi sekian persen. Ada temen yang ga bisa ikut ujian karna absennya kurang.
Dan anehnya dia protes ke aku. Yang notabene cuman sekali gitu lhoo megang absen.

******

Ini nih, yang menambah lengkap "kecintaan" kita sama Pak Aidil...

KUIS: Bikin tabel pola pikir, dengan arahan yang -maap- ga jelas dan banyaknyaa ga kira-kira. Tulis tangan. Pulpennya kudu warna BIRU. 
Lalu nanti disalin lagi, diketik dan dijilid.
Contoh:
Ada 3 tabel semacam ini


UTS dan UAS: Selama 2 jam, dikasih soal selembar dan dijamin menuai hujan pertanyaan dan sesekali Pak Aidil menghilang ga bisa dimintai keterangan.
Sementara waktu terus berjalan, dan 6 halaman folio harus penuh..

Gawe GREGET. Ngerti ora?
Hahahhaha

"Ada yang nulisnya serius, dikasih 65. Ehh nulis lirik lagu Indonesia Raya, dapet 75!" --> bisik-bisik tetangga

Hmm..
Pokoknya, Pak Aidil Fitri Mohammad Hatta ga ada duanya deh.
Uniknya dapet, nelangsanya dapet, nasionalismenya? Dapet gilaaa
Ga sia-sia pokoknya, Bapaknya ngasih nama se-besar itu dan bukan kebetulan tanggal lahirnya bisa pas moment terpenting bangsa Indonesia ini.
Btw, kenapa ga sekalian dikasih nama orang RI 1 aja ya? Hanya bapaknya Pak Aidil yang tau..
Kalo yang nomer hape, kesengajaan kan ya Pak, ya? ;)

Dan.. ini point keramatnya.
Nasionalisme nya nular ke akuu.
Mamaaa, aku tak percaya ini terjadi.

Yaudah. Yang absurd, yaa cocoknya ama yang absurd juga emang.

Baiklah saya tutup tulisan ini dengan *bang, musik nyalain bang!


serta kisah-kisah inspiratif "Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang diterbitkan Yayasan Bung Karno tahun 2007 by Cindy Adams




5 komeng:

Unknown mengatakan...

kaya nya KWN itu bukan U C 1000 deh tapi U C 0000
._.

Ardhyagarini, Dahlia mengatakan...

Uh parahh. yg penting gak her cuy :D

Unknown mengatakan...

eh, udah keluar?
gw gatau -_-

Ardhyagarini, Dahlia mengatakan...

Yaelah. masa arin ga ngasi tau? kan sesama kuncen kelas -__-

Unknown mengatakan...

udah tahu deng li, agak telat gw emg tahu nya.
biasa nya dari line si arin ngasih tahu, gw jarang buka line haha

Posting Komentar